Cara Mencegah Penyakit Diabetes Secara Alami

Seseorang sendiri dinyatakan atau didiagnosa mengalami penyakit diabetes jika kadar glukosa atau gula dalam darahnya di atas batas normal. Penyebabnya sendiri adalah karena fungsi pankreas yang tidak mampu memproduksi insulin dalam kadar yang cukup. Namun begitu, perlu diingat bahwa glukosa tetap penting bagi tubuh manusia. Diantaranya adalah sebagai sumber energi bagi tubuh dan otak. Selain itu diabetes juga bisa disebabkan faktor keturunan.


Orang-orang yang tidak mengidap diabetes biasanya memiliki kadar gula darah atau glukosa sebanyak 4 atau 8 mmol/ L. Anda yang memiliki kadar insulin rendah secara tidak langsung akan memiliki kadar gula darah yang tidak normal. Hal tersebut karena fungsi dari insulin yang penting untuk mengontrol takaran glukosa di dalam darah.

Anda bisa mengontrolnya dan salahsatunya adalah dengan cara mencegah penyakit diabetes sejak dini, seperti yang akan Anda ketahui pada pembahasan berikut ini :

1.) Kurangi berat badan

Penurunan berat badan dapat mencegah munculnya penyakit diabetes. Ketika Anda memiliki berat badan berlebih atau obesitas, Anda mungkin akan mendapatkan radar bahaya dari ahli kesehatan mengenai penyakit diabetes. Selanjutnya, ketika berat badan Anda turun, misalnya 5%, maka risiko diabetes pun akan turun, bahkan jika Anda tidak berolahraga.

2.) Konsumsi salad

Dalam banyak penelitian disebutkan bahwa mengkonsumsi sayuran ataupun salad dengan sausnya sebelum Anda makan karbohidrat dapat membantu tubuh mengontrol gula darah. Bahkan dalam penelitian lain disebutkan, cuka pada salad, jika dikonsumsi sebelum mengkonsumsi karbohidrat dapat membantu mengontrol glukosa dalam darah. Hal tersebut juga berkaitan dengan senyawa asam asetat yang terdapat pada cuka, dimana fungsinya untuk menonaktifkan enzim pencernaan, sehingga memperlambat tubuh mencerna karbohidrat.

3.) Berjalan

Berjalan adalah semi olahraga paling menyenangkan, sederhana, mudah dan murah yang dapat dilakukan banyak orang dari kita. Dalam sebuah studi yang dilakukan di Finlandia menyebutkan bahwa orang-orang yang berjalan sebanyak 4 jam per minggu atau 35 menit setiap harinya mengalami penurunan risiko diabetes hingga sebesar 80%, bahkan jika berat badan mereka tidak turun.

Pada penelitian lainnya yang dilakukan oleh The Nurses, Mereka membuat studi dengan nama Health Study, dimana para peneliti menemukan bahwa wanita yang berkerja hingga berkeringan lebih dari seminggu mengalami penurunan risiko diabetes hingga mencapai 30%.

4.) Konsumsi sereal

Mengkonsumsi banyak gandum ternyata diteliti mampu menyelesaikan berbagai macam masalah kesehatan, mulai dari kanker pay*udara, diabetes tipe 2, hipertensi hingga stroke. Anda dapat mencari kotak sereal untuk sarapan, dimana pada label kemasannya tertera setidaknya 5g gandum per porsi. Namun begitu, hindari produk yang di dalamnya ditambahkan bahan-bahan olahan, lemak kolesterol dan gula.

5.) Konsumsi kopi

Dalam sebuah studi disebutkan bahwa para peneliti dari Harvard School of public Health menyimpulkan bahwa orang-orang yang mengkonsumsi kopi memiliki risiko lebih rendah untuk terkena diabetes tipe 2. Studi tersebut ditujukan dengan pengamatan selama 18 tahun.

Konsumsi beberapa cangkir kopi diteliti mampu menurunkan risiko terkena diabetes. Fokus kandungan kopi yang diteliti sendiri adalah kafein. Para peneliti menyimpulkan bahwa kafein mengandung senyawa magnesium, kalium dan antioksidan yang mampu membantu sel untuk menyerap gula. Namun begitu, tetap ingat untuk menjauhi kopi kaya gula, terlebih di toko-toko makanan siap saji ataupun restoran.

6.) Bersantai


Cara mencegah penyakit diabetes yang terakhir adalah dengan menjauhi keadaan stres kronis. Dalam banyak penelitian disebutkan bahwa kadar gula darah dapat meningkat akibat stres. Anda dapat mulai melakukan aktivitas yang menghibur diri agar pekerjaan dan rutinitas yang melelahkan tidak membuat pikiran Anda menjadi kacau. Biasakan untuk tidur cukup dan melakukan gerakan-gerakan relaksasi.