Penanganan Medis Penyakit Diabetes

Jika diabetes tidak ditangani sejak awal agar diabetes sembuh, ini akan berujung pada komplikasi jangka lama yang juga akan menyebabkan resiko ganda pada kegagalan kronis pada ginjal.

Selain itu, komplikasi diabetes juga dapat menyebabkan akibat-akibat lain yang berbahaya, seperti dialisis, kerusakan mata di bagian retina, kerusakan syaraf, dan juga gangre.


Kerusakan retina mata yang disebabkan oleh diabetes dapat menyebabkan kebutaan permanen yang sulit disembuhkan.

Sementara itu, kerusakan syaraf dapat menyebabkan kondisi impotensi pada penderita yang sudah dewasa.

Jika diabetes sudah menyerang bagian tubuh tertentu yang menyebabkan luka, si penderita bisa saja memiliki resiko untuk diamputasi.

Keadaan yang lebih serius lagi dapat terjadi apabila kontrol terhadap kadar gula dalam darah tidak dilakukan secara teratur.

Untuk penanganan secara medis agar diabetes sembuh, akan dibutuhkan beberapa langkah dan prosedur yang cukup rumit bagi si penderita.

Namun, apabila kondisi si penderita belum terlalu mencapai komplikasi akibat diabetes, pengaturan makan saja sebenarnya cukup untuk menangani agar diabetes sembuh.

Pengendalian makan sebenarnya bisa dilakukan dengan berpuasa selama beberapa waktu dan jika perlu si pasien dapat diberi obat pengendali dosis tunggal agar tidak mengalami kesulitan dalam berpuasa.

Prosedur dalam metode pengobatan medis Diabets Melitus secara konvensional memang akan membutuhkan beberapa prosedur yang agak rumit agar diabetes sembuh.

Namun, jika si pasien mau secara konsisten menjalankan segala prosedur dan mentaaati aturan main dokter, si pasien sebenarnya bisa melewati masa-masa suramnya dan terbebas dari diabetes.