Tips Sederhana Cegah Diabetes Dengan Gaya Hidup Sehat

Cara Mengobati Diabetes, Data dari Kementerian Kesehatan RI, sekitar 80 persen faktor risiko diabetes banyak disebabkan gaya hidup tidak sehat, jelas Dr Ekowati Rahajeng, SKM, M.Kes, Direktur Penyakit Tidak Menular Kementerian Kesehatan RI.

Dengan menjalankan gaya hidup sehat, Anda bisa terhindar dari risiko penyakit diabetes

Berikut beberapa gaya hidup sehat yang bisa Anda lakukan untuk mencegah diabetes:


Rutin olahraga
Aktivitas fisik merupakan bagian penting lain dalam rencana pengelolaan diabetes. Ketika Anda berolahraga, otot Anda akan menggunakan gula untuk energi. Aktivitas fisik yang teratur juga meningkatkan respons tubuh terhadap insulin. Faktor-faktor ini bekerjasama untuk menurunkan tingkat gula darah Anda. Semakin berat latihan Anda, semakin kecil risiko diabetes.

Batasi karbohidrat

Pastikan untuk menghindari atau membatasi asupan karbohidrat, seperti roti putih, nasi putih, dan bahan-bahan lain yang mengandung fruktosa, glukosa, atau sukrosa. Ganti dengan pati, seperti oatmeal yang lebih menyehatkan.

Fokus pada buah dan sayuran
Buah-buahan tertentu membantu mengurangi risiko terkena diabetes. Menurut American Journal of Clinical Nutrition, orang yang mengonsumsi blueberry 23 persen lebih rendah terkena diabetes tipe 2. Sedangkan mereka yang makan lima atau lebih apel dalam seminggu lebih rendah terkena diabetes hingga 23 persen dari mereka yang tidak makan apel.

Serat dalam buah dan sayur juga mengontrol tubuh untuk mengikat karbohidrat. Adapun sayuran yang dianjurkan adalah brokoli, buncis, wortel, tomat, kubis, dan bayam.

Kurangi konsumsi gula
Musuh utama penderita diabetes adalah makanan manis dan berkalori tinggi. Ini tak berarti penderita diabetes tidak boleh mengkonsumsi gula sama sekali. Kontrol konsumsi gula dan seimbangkan dengan olahraga.