6 Tipe Diabetes Penyakit Diabetes

Penyakit Diabetes Melitus dikelompokkan menjadi enam tipe dengan masing-masing tipe memiliki tingkatan keseriusan dan penanganan yang berbeda-beda.

Setiap tipe diabetes memiliki tipe penanganan yang berbeda-beda agar diabetes sembuh.

Berikut ini adalah tipe-tipe Diabetes Melitus.


1. Tipe pertama adalah Diabetes tipe 1.
Diabetes tipe ini meliputi gangguan pada ketoasidosis yang menyebabkan syndrom gagalnya operasi insulin dalam pankreas. Selain itu, diabetes tipe ini juga dapat menyebabkan rusaknya sel beta penghasil hormon insulin di dalam pankreas. Kondisi ini akan menyebabkan si pasien akan menderita autoimunitas dimana pasien akan membutuhkan imunisasi dari luar untuk menangkal berbagai serangan virus dan bakteri jahat lain dalam tubuh agar diabetes sembuh.

2. Tipe kedua yaitu Diabetes Tipe 2.

Diabetes tipe ini disebabkan oleh menurunnya efektifitas hormon insulin dalam pankreas yang menyebabkan defisiensi dan sekresi pada insulin. Selain itu, diabetes tipe ini sering kali juga dibarengi dengan gangguan pada resistansi pada insulin yang menyebabkan sindrom resistansi insulin.

3. Tipe diabetes yang ketiga adalah Diabetes gestasional.
Diabetes tipe ini meliputi beberapa jenis dalam tingkatan penangan untuk diabetes, seperti GIGT dan GDM.

4. Tipe diabetes keempat
Adalah tipe dimana penderita akan membutuhkan banyak insulin untuk dapat bertahan hidup agar diabetes sembuh. Dalam keadaan ini, penderita akan bergantung pada insulin agar diabetes sembuh.

5. Tipe ke lima adalah

Penderita yang membutuhkan insulin untuk mengontrol diabetes. Dalam kondisi ini, penderita diabetes tidak sepenuhnya bergantung pada insulin agar diabetes sembuh, tetapi membutuhkan insulin untuk tujuan kontrol saja. Dalam kondisi ini, hormon insulin yang dihasilkan tubuh tidak akan cukup jika tidak disertai dengan bantuan insulin dari luar tubuh.

6. Tipe yang terakhir

Adalah tipe penderita yang tidak membutuhkan injeksi insulin dari luar tubuh agar diabetes sembuh.